Fenomena ini sebenernya udah lama mau gue bahas. Tapi kenapa baru sekarang
terrealisasi? Soalnya istilahnya baru aja gue temuin barusan. Iya. Barusan banget.
Entah kapan mulainya, status jomblo di media sosial itu seolah hina banget.
BANGET. Hina sehina hinanya yang paling hina. Ibaratnya, kalo lo jomblo, dan lo
punya media sosial, hampir bisa dipastiin bahwa lo adalah makhluk paling hina
di republik media sosial lo itu.
Engga paham juga kenapa yang kaya gitu bisa langgeng aja gitu di medsos. Biasanya
kalo di media sosial, abis gue ngomong langgeng tadi bakal ada kalimat yang
nimpalin, “Fenomena aja bisa langgeng di twitter, kok hubungan kita engga?”
YAELAH BRO! Jomblo sih jomblo, tapi ngga usah ngenes lo di obral.
Saking awetnya nih fenomena (Fenomena aja awet, kok kamu sama aku engga?),
bahkan akun-akun media sosial yang sifatnya semi formal, ikut-ikutan. Contohnya
aja nih ya kalo malem minggu. Malem minggu adalah waktu dimana para jomblo akan
diledekin abis-abisan, baik sama akun artis kocak konyol macam raditya dika,
temen yang ga jomblo, temen yang jomblo, bahkan akun organisasi kampus.
Pernah satu kali Sabtu malem, gue nemu salah satu akun twitter dari salah
satu organisasi kampus swasta di Jakarta yang ngga sengaja nongol di timeline
gue karena di retweet temen gue bilang gini, “Malem minggu yang jomblo mana
suaranya?” di retweet lah sama temen gue katanya , “loh kok malem minggu jadi
admin? Jom... *pulsa abis* :)” . Kurang lebih begitu. Plislah, jangan pake akun
organisasi. Pake akun pribadi aja.
Malahan fenomena itu bukan Cuma di twitter, facebook, path atau media
sosial lainnya, tapi udah merambah ke dunia iklan. Di iklan minuman teh-tehan
itu ada kalimat “Om, om truk aja gandengan, masa om engga?” disertai gambar
truk gandeng lewat dengan tulisan tersebut diatas. Darimana asalnya kata-kata
itu? Ya media sosial juga. Ada lagi baru keluar yang edisi natal. Lagu natal
buat jomblo, “single bells, single bells, single all the way...”. Sekali dua
kali sih ngeliat yang begitu kocak. Awalnya juga gue cekikikan liatnya. Tapi tiga
kali, empat kali, lima kali, dan berkali-kali eneg juga.
Enegnya bukan karena gue jomblo. Gue ga jomblo. Enegnya karena keseringan.
Karena fenomena ini berlangsung lama, gue curiga bahwa si objek penderita
alias para jomblo itu seneng diledekin. Dia seneng ketika dirinya ramai
dibicarakan di media sosial. Bisa jadi mereka bangga bisa jadi bahan omongan. Logikanya
sama dengan kenapa suatu produk bisa bertahan lama di pasaran? Karena disenangi
konsumen. Begitu juga dengan fenomena “menghina jomblo” ini.
Yaaaaaaa, tapi inikan hanya opini pribadi. Opini publik yang berkembang kan
belum tentu seperti itu karena opini setiap orang beda-beda.
-wassalam-